MODUL 2
BILANGAN CACAH
Kegiatan Belajar 1
Bilangan dan lambangnya serta
pembelajarannya di SD
A. BILANGAN
DAN LAMBANGNYA
Dalam
proses pembelajaran pokok bahasan bilangan dan lambangnya, hendaknya disiapkan
media kertas atau bilangan masing – masing bertuliskan lambang bilangan seperti
: 1, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000. misalnya dalam sub pokok bahasan mengenal
bilangan 100.001 – 500.000, langkah – langkah yang perlu dilakukan adalah
sebagai berikut.
1. Guru
menjelaskan ulang nilai tempat yang ditempati oleh angka – angka suatu lambang
bilangan yang terdiri dari 5 angka, dengan pertolongan kartu bilangan 1, 10,
100, 1000, 10.000, 100.000.
2. Mengulang
membaca dan menulis lambang bilangan yang terdiri dari 5 angka, misalnya guru
menulis di papan tulis beberapa lambing bilangan 5 angka, siswa disuruh menulis
nama bilangannya .
3. Guru
menjelaskan bahwa 10 kartu bilangan 10.000 dapat dinyatakan dengan sebuah kartu
bilangan 100.000 dengan pertolongan kartu – kartu bilangan 1, 10, 100, 1000,
10.000, 100.000, guru membantu siswa
cara membaca dan menulis lambang bilangannya yang terdiri dari 6 angka.
4. Guru
menulis beberapa lambang bilangan yang terdiri dari 6 angka di papan tulis,
secara lisan siswa disuruh mengucapkan nama bilangan itu satu persatu.
5. Guru
mengucapkan nama beberapa bilangan yang terdiri dari 6 angka satu per satu,
siswa disuruh menulis lambang bilangannya di buku masing – masing.
6. Guru
menulis beberapa lambang bilangan yang terdiri dari 6 angka di papan tulis,
lalu siswa disuruh menulis nama bilangan itu di buku masing – masing.
Untuk
lebih memahami bilangan – bilangan bernilai besar, siswa diminta menyusun
kalimat tentang pengalaman mereka sehari hari yang berhubungan dengan bilangan
– bilangan bernilai besar kurang dari 500.000, misalnya tabungan Amin di bank
BNI mencapai 365.000 rupiah.
Soal
latihan pada buku siswa dapat dikerjakan di kelas secara perkolompok atau
perorangan dan sebagian untuk pekerjaan rumah. Guru dapat menambah soal-soal
buatan sendiri.
B. BILANGAN
KARDINAL DAN ORDINAL
Definisi
Misalkan
A adalah sebarang himpunan dan misalkan α menyatakan keluarga himpunan yang
ekuivalen dengan A. Maka α dinamakan sebuah bilangan cardinal dan dinyatakn
oleh α = # (A). Bilangan kardinal dari {1,2,3} adalah 3. Pada pembelajaran di
SD, isilah bilangan kardinal dikenal sebagai bilangan cacah.
Definisi : misalkan
A adalah sebarang himpunan terorde baik dan misalkan τ menyatakan keluarga
himpunan terorde baik dan serupa dengan A. Maka τ dinamakan sebuah bilangan
ordinal dan dinyatakan oleh τ = ord (A).
Bilangan
ordinal dari himpunan terorde baik {1,2,3} dinyatakan oleh 3. Pada pembelajaran
di SD, istilah bilangan ordinal dikenal sebagai bilangan asli.
C. NILAI
TEMPAT DAN KETIDAKSAMAAN
Alat
peraga yang diperlukan pada kegiatan pembelajaran subpokok bahasan nilai tempat,
yaitu berupa kertas atau kartu bilangan masing – masing bertuliskan lambang
bilangan 1, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000 atau 1, 10, 102, 103, 104, 105.
Kertas manila atau lembar kertas untuk peraga, misalnya seperti berikut.
Lambang
Bilangan
|
Nama
Bilangan
|
Langkah
– langkah proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Guru
menjelaskan ulang mengenai nilai tempat yang ditempati oleh angka – angka suatu
lambang bilangan yang terdiri dari 5 angka.
2. Guru
menjelaskan bahwa angka – angka suatu lambang bilangan yang terdiri dari 6
angka berturut – turut dari kiri menempati tempat ratus ribuan, puluh ribuan,
ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan.
3. Guru
menulis beberapa lambang bilangan yang terdiri dari 6 angka, lalu siswa disuruh
menentukan nilai setiap angka.
Misalnya : 382.657
Angka 3 nilainya
300.000
Angka 8 nilainya 80.000
Angka 2 nilainya 2.000
Angka 6 nilainya 600
Angka 5 nilainya 50
Angka 7 nilainya 7
Jadi, 382.657 = 300.000
+ 80.000 + 2.000 + 600.000 + 50 + 7
Soal latihan pada buku
siswa dapat dikerjakan di kelas, dan sebagian untuk pekerjaan rumah. Guru dapat
menambah soal – soal buatan sendiri.
Dalam kegiatan
pembelajaran, bias juga dilakukan diskusi kelompok seperti berikut. Jika
diketahui dua bilangan 6 angka, bagaimana cara menentukkan bilangan yang kecil
dan yang besar? Perhatikan anka ratus ribuan. Bilangan yang angka ratus
ribuannya lebih besar, nilainya lebih besar, demikian seterusnya.
Sebagai contoh,
tentukan bilangan terkecil dari sepasang bilangan 357.812 dan 348.967.
357.812 = 300.000 +
50.000 + 7.000 + 800 + 10 + 2
348.967 = 300.000 +
40.000 + 8.000 + 900 + 60 + 7
Angka ratus ribuan pada
357.812 dan 348.967 adalah sama.
Angka puluh ribuan pada
357.812 lebih besar dari angka puluh ribuan dalam 348.967.
Jadi, 357.812 lebih
dari 348.967. Kita tulis 357.812 > 348.967 atau 348.967 < 357.812.
Contoh berikutnya yaitu
tentukan bilangan terkecil dari sepasang bilangan 421.683 dan 423.516.
421.683 = 400.000 +
20.000 + 1.000 + 600 + 80 + 3
423.516 = 400.000 +
20.000 + 3.000 + 500 + 10 + 6
Angka ratus ribuan pada
421.683 dan 423.516 adalah sama.
Angka puluh ribuan pada
421.683 dan 423.516 adalah sama. Angka ribuan dalam 421.683 kurang dari angka
ribuan dalam 423.516.
Jadi, 421.683 kurang
dari 423.516. Kita tulis 421.683 < 423.516 atau 423.516 > 421.683.
Setelah selesai
kegiatan pembelajaran mengenai konsep bilangan dan lambangnya, perlu dilakukan
evaluasi hasil belajar siswa. Tentunya evaluasi ini disesuaikan dengan pokok
bahasan / subpokok bahasan yang ada didalam GBPP. Misalnya untuk siswa kelas 5
SD, bentuk pertanyaannya diantaranya bisa seperti berikut ini.
1. Tulislah
nama bilangan – bilangan berikut ini!
2. Tulislah
lambang bilangannya!
3. Pasangkan
lambang bilangan dengan nama bilangan yang sesuai!
4. Pasangkan
nama bilangan dengan lambang bilangan yang sesuai!
5. Tentukan
nilai angka yang di garis bawahi!
6. Tulislah
lambang bilangan berdasarkan nilai tempat yang ditentukan!
7. Tentukan
bilangan terkecil dari sepasang bilangan berikut!
8. Urutkan
bilangan – bilangan berikut, dari yang paling besar sampai yang paling kecil!
Contoh
1) Bagaimana
anda menjelaskan konsep lambang bilangan 35.672 terhadap siswa?
Jawab
:
Perhatikan
lambang bilangan 35.672. lambang bilangan tersebut terdiri dari 5 angka. Angka
3 menempati tempat puluh ribuan, nilainya 30.000 (3 puluh ribu). Angka 5
menempati tempat …, nilainya 5.000 (5 ribu). Angka 6 menempati tempat …,
nilainya … (6…). Angka 7 menempati tempat …, nilainya … (…). Angka 2 menempati
tempat …, nilainya ... (…).
Lambang
bilangan 35.672 dapat ditunjukkan dengan kartu bilangan sebagai berikut.
3
puluh ribu
|
5 ribu
|
6
ratus
|
7
puluh
|
2
|
Lambang bilangan : 35.672
Nama
bilangan : tiga puluh lima ribu enam ratus tujuh puluh dua
35.672
= 30.000 + 5.000 + 600 + 70 + 2
2) Tulislah
sepuluh buah lambang bilangan masing – masing terdiri dari 6 angka, kemudian
mintalah temanmu untuk membaca nama bilangan – bilangan itu.
Jawab
:
Misalnya
kamu tulis lambang bilangan 421.693, kemudian dibaca oleh temanmu: empat
ratus dua puluh satu ribu enam ratus sembilan puluh tiga.
3) Bagaimana
anda menjelaskan konsep kurang dari dan lebih dari 2 bilangan?
Jawab
:
Misalkan
dua bilangan yang akan dibandingkan, yaitu bilangan 5 angka. Perhatikan angka
puluh ribuannya. Bilangan yang angka puluh ribuannya lebih besar, nilainya
lebih besar. Jika angka puluh ribuannya sama, perhatikan angka ribuannya.
Bilangan yang angka ribuannya lebih besar, nilainya lebih besar. Jika angka
ribuannya sama, perhatikan angka ratusannya. Bilangan yang angka ratusannya
lebih besar, nilainya lebih besar, demikian seterusnya.
4) Dalam
kegiatan pembelajaran, bagaimana anda menerangkan konsep bilangan kardinal dan
bilangan ordinal?
Jawab
:
Pehatikan
contoh berikut. Nomor rumah sebelah barat dijalan Sunda bernomor genap. Nomor –
nomor rumah tersebut berturut – turut adalah 2, 4, 6, … , 40. Urutan nomor –
nomor rumah tersebut terurut dengan baik. Sehingga bilangan ordinal dari
himpunan {2,4,6,…,40} adalah 20. Banyaknya anggota dari himpunan {2,4,6,…,40}
adalah 20 sehingga kardinal dari {2,4,6,…40} adalah 20.
Komentar
Posting Komentar