RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SDN 1 CIRUAS
Guru
Mata Pelajaran : Hanifah Dwi Anggrayni,S.Pd
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : II/1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit (1
pertemuan)
Standar
Kompetensi :
·
Mengenal macam – macam tumbuhan yang menguntungkan
dan membahayakan
Kompetensi
Dasar :
·
Mengidentifikasi makhluk hidup
(tumbuhan) yang menguntungkan dan membahayakan
I.
Indikator :
1.
Mengidentifikasi tumbuhan yang menguntungkan
dan membahayakan
2.
Menggolongkan berbagai tumbuhan disekitar
yang menguntungkan dan membahayakan
3.
Memberi contoh tumbuhan yang
menguntungkan dan membahayakan
II.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan belajar mengajar diharapkan
peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan nama- nama tumbuhan yang diketahui
2.
Menyebutkan dan mengidentifikasi berbagai
tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan bagi manusia
3.
Menguraikan kembali materi tentang
tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
4.
Menggolongkan tumbuhan yang
menguntungkan dan tumbuhan yang membahayakan
III.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun
( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
Kerjasama ( Cooperation
)
Percaya diri ( Confidence)
IV. Materi
Pembelajaran :
Berbagai
tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan bagi manusia. Tanaman yang
menguntungkan seperti pohon kelapa dan pohon pisang dan tanaman yang merugikan seperti
benalu.
V.
Metode Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Tanya jawab
Model
Pembelajaran :
·
Picture and picture
VI. Langkah
– langkah kegiatan pembelajaran
a.
Kegiatan awal
1.
Apersepsi
2.
Salam pembuka
3.
Mengabsen dan memeriksa kesiapan siswa
4.
Mempersiapkan alat-alat dan media yang diperlukan
5.
Anak
diajak bernyanyi tentang tumbuh-tumbuhan, dengan irama
Di Sini Senang
Di Sana Senang.
Tumbuhan
Di sana tumbuh di sini tumbuh
Di mana-mana ada tumbuhan
Di taman tumbuh di halaman tumbuh
Di mana-mana tumbuh tanaman
La lalalalalala . . . La lalalalalala
. . . . . .
b.
Kegiatan inti
1.
Memberikan penjelasan tentang tumbuhan serta menjelaskan
keuntungan dan bahaya tumbuhan
2.
Guru menjelaskan dan menunjukkan kepada siswa
tumbuhan yang menguntungkan manusia
3.
Siswa menyebutkan nama – nama tumbuhan
4.
Guru
meminta kepada peserta didik mengelompokkan tumbuhan tersebut, yang
menguntungkan atau merugikan.
5.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
6.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
7.
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
8.
Guru menyimpulkan materi pelajaran
c.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
1.
Menceritakan kembali tumbuhan – tumbuhan
yang menguntungkan dan membahayakan
2.
Guru memberikan tindak lanjut ( tugas/
PR / info pertemuan selanjutnya )
VII.
Sumber/Alat/Bahan
a.
Buku paket IPA kelas 2
b.
Charta, Gambar atau foto tumbuhan yang
menguntungkan dan membahayakan
VIII.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
(Individu)
Evaluasi
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1
|
Memahami tumbuhan yang menguntungkan dan
membahayakan
|
lisan
|
Tanya jawab
|
Guru
mengajukan pertanyaan mengenai apa saja tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
itu.
|
2
|
Mengidentifikasi tumbuhan yang
menguntungkan dan membahayakan
|
Tulis
|
Pilihan Ganda
|
Manakah tumbuhan berikut ini yang
menguntungkan bagi manusia?
a.
Benalu
b.
Pohon mangga
c.
Tali putri
|
3
|
Menggolongkan tumbuhan yang menguntungkan
dan membahayakan
|
Tulis
|
Tabel
|
Golongkan tanaman berikut ke dalam
tabel tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan
1.
Bunga mawar
2.
Jahe
3.
Pohon pisang
4.
Lidah buaya
5.
Pohon kelapa
|
Produk
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Tes
Tertulis : Essay
1.
Sebutkan tumbuhan yang menguntungkan ?
2.
Sebutkan tumbuhan yang membahayakan ?
3.
Apa tumbuhan yang menguntungkan dan tumbuhan
yang merugikan itu?
4.
Tumbuhan yang bersifat membahayakan tumbuhan
yang ditumpangi adalah ?
5.
Apa
keuntungan dari pohon kelapa?
Serang, November 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Mata Pelajaran
________________ Hanifah
Dwi Anggrayni
NIP.
___________
NIP. 2227141486
Komentar
Posting Komentar