Langsung ke konten utama

MENDORONG ANAK MENJADI KREATIF MELALUI MENULIS

Mendorong anak-anak untuk menjadi kreatif, ini akan berdampak pada setiap bidang kehidupan mereka. Mereka akan belajar untuk berpikir dan menciptakan ide-ide baru mereka sendiri. Mereka akan menemukan impian dan menjalani kehidupan mereka sendiri hingga mereka menemukan kebahagiaan. Orang kreatif tidak akan cepat puas dengan keberhasilan mereka, mereka akan terus berkreasi dan menemukan ide-ide baru.  
Berikan anak Anda buku dan pensil kemudian dorong mereka untuk menuliskan pengalaman mereka ketika berada di rumah, di sekolah atau saat bermain. Katakan kepada mereka untuk menciptakan karakter menarik yang mereka sukai lalu Anda bisa membantu mereka mencari jalan keluar ketika mereka menemukan kesulitan pada saat menyelesaikan masalah dalam cerita mereka. Ini mengajarkan mereka di usia dini untuk menjadi pemecah masalah dan inventif. 
Beri mereka contoh gambar dan pensil sehingga mereka dapat menggambarkan tulisan mereka. Jangan pernah mengkritik kata-kata atau karya mereka, karena hal tersebut dapat mematahkan semangat mereka untuk menulis. Dengan ketekunan dan kerajinan mereka maka mereka akan memperbaiki sendiri hasil-hasil karyanya. Beri mereka kebebasan untuk mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri. Tidak ada cara yang salah untuk mengekspresikan diri dalam seni. Mereka dapat menyalurkan ide-ide yang banyak tentang kegiatan mereka ketika berada dirumah, sekolah, taman bermain dan tempat-tempat lain yang pernah mereka kunjungi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN OBSERVASI ANAK TUNADAKSA

LAPORAN HASIL OBSERVASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS   (TUNA DAKSA) Mata Kuliah       : Pendidikan Inklusi Dosen               : Dedi Mulia,M.Pd Nama Anggota:                                     Farhana Nursyamsi U              (2227150138)                                     Hanifah Dwi Anggrayni          (2227141486)                 ...

BILANGAN DAN LAMBANGNYA SERTA PEMBELAJARANNYA DI SD

MODUL 2 BILANGAN CACAH Kegiatan Belajar 1 Bilangan dan lambangnya serta pembelajarannya di SD A.     BILANGAN DAN LAMBANGNYA Dalam proses pembelajaran pokok bahasan bilangan dan lambangnya, hendaknya disiapkan media kertas atau bilangan masing – masing bertuliskan lambang bilangan seperti : 1, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000. misalnya dalam sub pokok bahasan mengenal bilangan 100.001 – 500.000, langkah – langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. 1.       Guru menjelaskan ulang nilai tempat yang ditempati oleh angka – angka suatu lambang bilangan yang terdiri dari 5 angka, dengan pertolongan kartu bilangan 1, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000. 2.       Mengulang membaca dan menulis lambang bilangan yang terdiri dari 5 angka, misalnya guru menulis di papan tulis beberapa lambing bilangan 5 angka, siswa disuruh menulis nama bilangannya . 3.       Guru menjelaskan bahwa 1...

KEARIFAN LOKAL MITOS NYI RORO KIDUL VERSI BANTEN KIDUL

SEBAGAI SIMBOL KEARIFAN LOKAL : NYI RORO KIDUL VERSI BANTEN KIDUL Indonesia merupakan Negara yang paling kaya dalam segi budaya, Indonesia mempunyai banyak suku, etnis, ras dan bermacam – macam agama tetapi tetap satu jua dalam Bhineka Tunggal Ika. Provinsi Banten memiliki segudang kearifan lokal, baik wisata alam pegunungan, pantai maupun wisata tempat - tempat bersejarah. Di antaranya yang berkaitan dengan peninggalan Kesultanan Banten, seperti Benteng Spelwijk, Mesjid Agung, Banten Lama, Keraton Surosowan, Keraton Kaibon, maupun Vihara Avalokitesvara. Tak kalah menariknya adalah mitos – mitos yang berada di Banten salah satunya adalah mitos Si Ratu Pantai Selatan “Nyi Roro Kidul”.       Masyarakat sunda mengenal legenda mengenai penguasa spiritual kawasan Laut Selatan Jawa Barat yang berwujud perempuan cantik yang disebut Nyi Roro Kidul. Legenda yang berasal dari kerajaan sunda pajajaran berumur lebih tua daripada legenda kerajaan Mataram Islam d...