Langsung ke konten utama

MAKALAH KURIKULUM SD IT KHAIRUNNAS

BAB I
PENDAHULUAN
  1.             Latar Belakang
            Penyelenggaraan pendidikan di sekolah akan berhasil apabila kegiatan belajar mampu membentuk perilaku peserta didik sesuai visi misi dan tujuan pendidikan. Untuk mencapai kepentingan tersebut harus dikembangkan pembelajaran yang berkualitas, efektif, dan efesien serta terencana dengan baik.Visi misi serta tujuan pendidikan yang tertuang dalam kurikulum dapat menjadi tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Dalam beberapa dekade tahun ini, pendidikan di Indonesia mengalami beberapa kali perubahan kurikulum. Dimana perubahan kurikulum ini berpengaruh besar terhadap keberlangsungan proses pembelajaran di sekolah-sekolah pada umumnya. 
Dalam kasus ini, kami meneliti lebih jauh mengenai kurikulum yang diterapkan pada SDIT Khairunnisa. Alasan kami memilih SDIT Khairunnisa adalah karena kami ingin mengetahui lebih jauh mengenai pengelolaan kurikulum SDIT yang memiliki ciri khas tersendiri selain  itu  Juga dalam tingkat keberhasilan yang jauh lebih unggul dibanding SD/MI biasa. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggarapendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Kurikulum memegang peranan penting dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Seiring dengan perkembangan jaman dan tuntutan dari masyarakat, maka dunia pendidikan harus melakukan inovasi dalam pendidikan, terutama inovasi dalam kurikulum. Inovasi kurikulum akan berjalan dan mencapai sasarannya jika kurikulum tersebut dirancang dan di implementasikan sesuai dengan kondisi dan tuntutan jaman.
Implikasi dari pentingnya inovasi kurikulum dalam pendidikan menuntut kesadaran tentang peranan guru, sebagai tenaga professional. Guru merupakan  pintu gerbang inovasi sekaligus gerbang menuju pembangunan yang terintegrasi. Hal ini dikarenakan pembangunan dapat terlaksana jika dimulai dari membangun manusianya terlebih dahulu. Tanpa manusia yang cakap, terampil, berpengetahuan, cerdas, kreatif dan bertanggung jawab maka pembangunan yang terintegrasi tidak akan dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, setiap guru  dan tenaga kependidikan lain harus memahami kurikulum dengan sebaik- baiknya.



1.2  Tujuan Penulisan
1.  Untuk mengetahui profil SD IT KHAIRUNNAS
2.  Untuk mengetahui penerapan kurikulum di SD IT KHAIRUNNAS




















BAB II
PROFIL SEKOLAH

2.1 Identitas Sekolah
Nama Sekolah : SD Islam Khairunnas
NPSN              : 20605573
NSS                 : 102280409034
Alamat Sekolah
a.       Jalan               : Komplek Taman Ciruas Permai blok E Pelawad Ciruas - Serang
b.      Kecamatan     : Ciruas
c.       Kota               : Kab. Serang
d.      Provinsi          : Banten
Nomer Telepon    : (0254) 8285390
Email                    : khairunnasciruas@yahoo.com
Situs                     : lembagapendidikanislamkhairunnas
Kode Pos             : 42182
Status Sekolah     : Swasta
Jenjang Sekolah   : SD
Akreditasi            : A
Waktu Sekolah     : Pagi
Sarana dan Prasarana Sekolah :
·         Lab. Komputer
·         Perpustakaan
·         Mushola
·         Lapangan olahraga
·         Ruang UKS
·         Kantin



2.2  Visi, Misi, dan Tujuan SD Islam Khairunnnas
a. Visi
Mencetak tempat terbaik untuk belajar, bermain, dan bersosialisasi serta menghasilkan anak yang cerdas, mandiri, dan berakhlak mulia berdasarkan ajaran Islam.
Landasan Visi :
-          QS. Luqman, 31 :13
Dan (ingatlah) ketika luqman berkata pada anaknya, diwaktu ia member pelajaran kepadanya : “ Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah kezhaliman yang besar(QS. Luqman ayat : 13)

-          QS. Az-Zumar, 39 : 09
(apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukan orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya ? Katakanlah : “ Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang yang tidak mengetahui ?” Sesungguhnya orang yang barakallah yang dapat menerima pelajaran.
(QS. Az-Zumar ayat : 09)

Indikator Visi :
-       Lurus dalam aqidah dan akhlaqul karimah
-       Disiplin dalam proses pembelajaran guna meningkatkan peserta didik yang kuat dalam imtaq dan iptek.
-       Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik baik local, nasional, dan internasional
-       Menciptakan sekolah yang unggul, Agamis, Bersih, Sehat dan Berprestasi.



b. Misi
1.  Mewujudkan lulusan yang memiliki kemantapan aqidah, kemantapan ibadah, keluhuran, dan kemuliaan akhlak dan unggul dalam prestasi akademik dan non akademik.
2. Mewujudkan administrasi kurikulum yang lengkap berstandar nasional.
3. Mewujudkan proses pembelajaran yang variatif dan inofatif dengan bermuatan IMTAQ dan IPTEK.
4. Mewujudkan komitmen dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang professional.
5. Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung pembelajaran.
6. Mewujudkan pengelolaan pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel.
7. Mewujudkan sumber dana yang memadai
8. Mewujudkan sistem penilaian yang multiaspek untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas.
9. Menyediakan layanan pengembangan bakat, minat dan potensi siswa yang melalui kegiatan ekstrakulikuler
c. Tujuan Sekolah
Pada tahun pelajaran 2015/2016 sekolah ini diharapkan :
1.  Memiliki lulusan yang memiliki kemantapan aqidah, kemantapan ibadah, keluhuran, dan kemuliaan akhlak dan unggul dalam prestasi akademik dan non akademik.
2.  Memiliki administrasi kurikulum yang lengkap berstandar nasional.
3. Melaksanakan proses pembelajaran yang variatif dan inofatif dengan bermuatan IMTAQ dan IPTEK.
4.  Memiliki komitmen dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang professional.
5. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam  mendukung pembelajaran.
6. Melaksanakan pengelolaan pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel.
7. Memiliki sumber dana yang memadai
8. Memiliki sistem penilaian yang multiaspek untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas.















BAB III
PELAKSANAAN DAN HASIL OBSERVASI
  1. Pengumpulan Data
Data yang berhubungan dengan observasi di SD Islam Khairunnas diperoleh melalui pengamatan langsung dan melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait.
1. Ketua Sekolah                     ( Enih Sukanah,S.Pd)
2. Wakil Kurikulum 4,5,6       (Linda Ahdiati,S.Pd)
  1. Analisis Data
Hasil pengamatan bagaimana Kurikulum diterapkan di sekolah ini dapat dikemukakan sebagai berikut :
a.       Waktu dan tempat :
o   Kamis, 26 November 2015. Pukul : 10.00 WIB
o   Di SD Islam Khairunnas
b.       Hasil Observasi
Landasan dari pengembangan kurikulum ini adalah keislaman. Dengan memasukan  mata pelajaran tentang keagamaan dalam kurikulum KTSP 2006 yang dipakai di SD Islam Khairunnas. Kurikulum yang digunakan saat ini sesuai dengan kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah, namun SD Islam Khairunnas pun pernah menggunakan kurikulum 2013 dimana perbandingan penggunaan kurikulum keduanya sama-sama baik namun isi buku dari KTSP 2006 lebih berbobot dibandingkan kurikulum 2013 dan hasil dari penilaian cara pembelajaran di kurikulum 2013 masih membingungkan para guru dengan aspek penilaian yang sangat banyak.



BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggarapendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut.
Hasil pengamatan bagaimana Kurikulum diterapkan di sekolah ini dapat dikemukakan sebagai berikut :
Waktu dan tempat :
o   Kamis, 26 November 2015. Pukul : 10.00 WIB
o   Di SD Islam Khairunnas
 Hasil Observasi
Landasan dari pengembangan kurikulum ini adalah keislaman. Dengan memasukan  mata pelajaran tentang keagamaan dalam kurikulum KTSP 2006 yang dipakai di SD Islam Khairunnas. Kurikulum yang digunakan saat ini sesuai dengan kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah, namun SD Islam Khairunnas pun pernah menggunakan kurikulum 2013 dimana perbandingan penggunaan kurikulum keduanya sama-sama baik namun isi buku dari KTSP 2006 lebih berbobot dibandingkan kurikulum 2013 dan hasil dari penilaian cara pembelajaran di kurikulum 2013 masih membingungkan para guru dengan aspek penilaian yang sangat banyak.



SARAN
Kami selaku mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar berharap semoga kedepan nya kurikulum diindonesia lebih baik lagi dengan sisitem pembelajarannya terhadap siswa ataupun sistem penerapan nya terhadap guru.




















LAMPIRAN



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN OBSERVASI ANAK TUNADAKSA

LAPORAN HASIL OBSERVASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS   (TUNA DAKSA) Mata Kuliah       : Pendidikan Inklusi Dosen               : Dedi Mulia,M.Pd Nama Anggota:                                     Farhana Nursyamsi U              (2227150138)                                     Hanifah Dwi Anggrayni          (2227141486)                 ...

BILANGAN DAN LAMBANGNYA SERTA PEMBELAJARANNYA DI SD

MODUL 2 BILANGAN CACAH Kegiatan Belajar 1 Bilangan dan lambangnya serta pembelajarannya di SD A.     BILANGAN DAN LAMBANGNYA Dalam proses pembelajaran pokok bahasan bilangan dan lambangnya, hendaknya disiapkan media kertas atau bilangan masing – masing bertuliskan lambang bilangan seperti : 1, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000. misalnya dalam sub pokok bahasan mengenal bilangan 100.001 – 500.000, langkah – langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. 1.       Guru menjelaskan ulang nilai tempat yang ditempati oleh angka – angka suatu lambang bilangan yang terdiri dari 5 angka, dengan pertolongan kartu bilangan 1, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000. 2.       Mengulang membaca dan menulis lambang bilangan yang terdiri dari 5 angka, misalnya guru menulis di papan tulis beberapa lambing bilangan 5 angka, siswa disuruh menulis nama bilangannya . 3.       Guru menjelaskan bahwa 1...

KEARIFAN LOKAL MITOS NYI RORO KIDUL VERSI BANTEN KIDUL

SEBAGAI SIMBOL KEARIFAN LOKAL : NYI RORO KIDUL VERSI BANTEN KIDUL Indonesia merupakan Negara yang paling kaya dalam segi budaya, Indonesia mempunyai banyak suku, etnis, ras dan bermacam – macam agama tetapi tetap satu jua dalam Bhineka Tunggal Ika. Provinsi Banten memiliki segudang kearifan lokal, baik wisata alam pegunungan, pantai maupun wisata tempat - tempat bersejarah. Di antaranya yang berkaitan dengan peninggalan Kesultanan Banten, seperti Benteng Spelwijk, Mesjid Agung, Banten Lama, Keraton Surosowan, Keraton Kaibon, maupun Vihara Avalokitesvara. Tak kalah menariknya adalah mitos – mitos yang berada di Banten salah satunya adalah mitos Si Ratu Pantai Selatan “Nyi Roro Kidul”.       Masyarakat sunda mengenal legenda mengenai penguasa spiritual kawasan Laut Selatan Jawa Barat yang berwujud perempuan cantik yang disebut Nyi Roro Kidul. Legenda yang berasal dari kerajaan sunda pajajaran berumur lebih tua daripada legenda kerajaan Mataram Islam d...