BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Penyelenggaraan pendidikan di
sekolah akan berhasil apabila kegiatan belajar mampu membentuk perilaku peserta
didik sesuai visi misi dan tujuan pendidikan. Untuk mencapai kepentingan
tersebut harus dikembangkan pembelajaran yang berkualitas, efektif, dan efesien
serta terencana dengan baik.Visi misi serta tujuan pendidikan yang tertuang
dalam kurikulum dapat menjadi tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Dalam
beberapa dekade tahun ini, pendidikan di Indonesia mengalami beberapa kali
perubahan kurikulum. Dimana perubahan kurikulum ini berpengaruh besar terhadap
keberlangsungan proses pembelajaran di sekolah-sekolah pada umumnya.
Dalam kasus ini, kami meneliti lebih
jauh mengenai kurikulum yang diterapkan pada SDIT Khairunnisa. Alasan kami
memilih SDIT Khairunnisa adalah karena kami ingin mengetahui lebih jauh
mengenai pengelolaan kurikulum SDIT yang memiliki ciri khas tersendiri
selain itu Juga dalam tingkat keberhasilan yang jauh lebih unggul
dibanding SD/MI biasa. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan
program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggarapendidikan yang
berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam
satu periode jenjang pendidikan. Salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat
untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada
dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling
berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan
tersebut. Kurikulum memegang peranan penting dalam pendidikan, sebab berkaitan
dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan
macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Seiring dengan
perkembangan jaman dan tuntutan dari masyarakat, maka dunia pendidikan harus
melakukan inovasi dalam pendidikan, terutama inovasi dalam kurikulum. Inovasi kurikulum akan berjalan dan mencapai
sasarannya jika kurikulum tersebut dirancang dan di implementasikan
sesuai dengan kondisi dan tuntutan jaman.
Implikasi
dari pentingnya inovasi kurikulum
dalam pendidikan menuntut
kesadaran tentang peranan guru, sebagai tenaga professional. Guru merupakan pintu gerbang
inovasi sekaligus gerbang menuju pembangunan yang terintegrasi. Hal ini
dikarenakan pembangunan dapat terlaksana jika dimulai dari membangun manusianya
terlebih dahulu. Tanpa manusia yang cakap, terampil, berpengetahuan, cerdas,
kreatif dan bertanggung jawab maka pembangunan yang terintegrasi tidak akan
dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, setiap guru dan tenaga
kependidikan lain harus memahami kurikulum dengan sebaik- baiknya.
1.2 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui profil SD IT KHAIRUNNAS
2. Untuk mengetahui
penerapan kurikulum di SD IT KHAIRUNNAS
BAB II
PROFIL SEKOLAH
2.1 Identitas Sekolah
Nama
Sekolah : SD Islam Khairunnas
NPSN : 20605573
NSS : 102280409034
Alamat
Sekolah
a. Jalan : Komplek Taman Ciruas Permai
blok E Pelawad Ciruas - Serang
b. Kecamatan : Ciruas
c. Kota : Kab. Serang
d. Provinsi : Banten
Nomer
Telepon : (0254) 8285390
Email : khairunnasciruas@yahoo.com
Situs :
lembagapendidikanislamkhairunnas
Kode
Pos : 42182
Status
Sekolah : Swasta
Jenjang
Sekolah : SD
Akreditasi : A
Waktu
Sekolah : Pagi
Sarana
dan Prasarana Sekolah :
·
Lab. Komputer
·
Perpustakaan
·
Mushola
·
Lapangan olahraga
·
Ruang UKS
·
Kantin
2.2 Visi, Misi, dan Tujuan SD Islam Khairunnnas
a. Visi
Mencetak tempat terbaik
untuk belajar, bermain, dan bersosialisasi serta menghasilkan anak yang cerdas,
mandiri, dan berakhlak mulia berdasarkan ajaran Islam.
Landasan Visi :
-
QS. Luqman, 31 :13
“Dan (ingatlah) ketika luqman berkata pada anaknya, diwaktu ia member
pelajaran kepadanya : “ Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah,
Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah kezhaliman yang besar” (QS. Luqman ayat : 13)
-
QS. Az-Zumar, 39 : 09
(apakah kamu Hai orang
musyrik yang lebih beruntung) ataukan orang yang beribadat di waktu-waktu malam
dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan
mengharapkan rahmat Tuhannya ? Katakanlah : “ Adakah sama orang-orang yang
mengetahui dengan orang-orang yang yang tidak mengetahui ?” Sesungguhnya orang
yang barakallah yang dapat menerima pelajaran.
(QS.
Az-Zumar ayat : 09)
Indikator
Visi :
- Lurus
dalam aqidah dan akhlaqul karimah
- Disiplin
dalam proses pembelajaran guna meningkatkan peserta didik yang kuat dalam imtaq
dan iptek.
- Unggul
dalam prestasi akademik dan non akademik baik local, nasional, dan
internasional
- Menciptakan
sekolah yang unggul, Agamis, Bersih, Sehat dan Berprestasi.
b.
Misi
1. Mewujudkan lulusan yang memiliki kemantapan
aqidah, kemantapan ibadah, keluhuran, dan kemuliaan akhlak dan unggul dalam
prestasi akademik dan non akademik.
2. Mewujudkan
administrasi kurikulum yang lengkap berstandar nasional.
3.
Mewujudkan proses pembelajaran yang variatif dan inofatif dengan bermuatan
IMTAQ dan IPTEK.
4.
Mewujudkan komitmen dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang
professional.
5.
Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam
mendukung pembelajaran.
6. Mewujudkan
pengelolaan pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel.
7. Mewujudkan sumber
dana yang memadai
8.
Mewujudkan sistem penilaian yang multiaspek untuk semua mata pelajaran dan
semua jenjang kelas.
9.
Menyediakan layanan pengembangan bakat, minat dan potensi siswa yang melalui
kegiatan ekstrakulikuler
c.
Tujuan Sekolah
Pada tahun pelajaran
2015/2016 sekolah ini diharapkan :
1. Memiliki lulusan yang memiliki kemantapan
aqidah, kemantapan ibadah, keluhuran, dan kemuliaan akhlak dan unggul dalam
prestasi akademik dan non akademik.
2. Memiliki administrasi kurikulum yang lengkap
berstandar nasional.
3.
Melaksanakan proses pembelajaran yang variatif dan inofatif dengan bermuatan
IMTAQ dan IPTEK.
4. Memiliki komitmen dan kompetensi tenaga
pendidik dan kependidikan yang professional.
5.
Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan relevan dalam mendukung pembelajaran.
6. Melaksanakan
pengelolaan pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel.
7. Memiliki sumber dana
yang memadai
8.
Memiliki sistem penilaian yang multiaspek untuk semua mata pelajaran dan semua
jenjang kelas.
BAB
III
PELAKSANAAN DAN HASIL
OBSERVASI
- Pengumpulan Data
Data yang berhubungan
dengan observasi di SD Islam Khairunnas diperoleh melalui
pengamatan langsung dan melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait.
1. Ketua Sekolah ( Enih Sukanah,S.Pd)
2. Wakil Kurikulum 4,5,6
(Linda Ahdiati,S.Pd)
- Analisis Data
Hasil pengamatan
bagaimana Kurikulum diterapkan di sekolah ini dapat
dikemukakan sebagai
berikut :
a. Waktu dan tempat :
o
Kamis, 26 November 2015. Pukul : 10.00 WIB
o
Di SD Islam Khairunnas
b.
Hasil Observasi
Landasan dari pengembangan kurikulum ini adalah keislaman.
Dengan memasukan mata pelajaran tentang
keagamaan dalam kurikulum KTSP 2006 yang dipakai di SD
Islam Khairunnas. Kurikulum yang digunakan
saat ini sesuai dengan kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah, namun SD
Islam Khairunnas pun pernah menggunakan kurikulum 2013 dimana perbandingan
penggunaan kurikulum keduanya sama-sama baik namun isi buku dari KTSP 2006
lebih berbobot dibandingkan kurikulum 2013 dan hasil dari penilaian cara
pembelajaran di kurikulum 2013 masih membingungkan para guru dengan aspek
penilaian yang sangat banyak.
BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan
program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggarapendidikan yang
berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam
satu periode jenjang pendidikan. Salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat
untuk mencapai tujuan pendidikan. Pada
dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling
berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan
tersebut.
Hasil pengamatan
bagaimana Kurikulum diterapkan di sekolah ini dapat
dikemukakan sebagai
berikut :
Waktu dan tempat :
o
Kamis, 26 November 2015. Pukul : 10.00 WIB
o
Di SD Islam Khairunnas
Hasil Observasi
Landasan dari pengembangan kurikulum ini adalah keislaman.
Dengan memasukan mata pelajaran tentang
keagamaan dalam kurikulum KTSP 2006 yang dipakai di SD
Islam Khairunnas. Kurikulum yang digunakan
saat ini sesuai dengan kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah, namun SD
Islam Khairunnas pun pernah menggunakan kurikulum 2013 dimana perbandingan
penggunaan kurikulum keduanya sama-sama baik namun isi buku dari KTSP 2006 lebih
berbobot dibandingkan kurikulum 2013 dan hasil dari penilaian cara pembelajaran
di kurikulum 2013 masih membingungkan para guru dengan aspek penilaian yang
sangat banyak.
SARAN
Kami selaku mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar
berharap semoga kedepan nya kurikulum diindonesia lebih baik lagi dengan
sisitem pembelajarannya terhadap siswa ataupun sistem penerapan nya terhadap
guru.
LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar